Search
Close this search box.
Sekitar 20 Juta Foto Profil Akun FB Menggunakan Tema Latar Belakang Pelangi
Sekitar 20 Juta Foto Profil Akun FB Menggunakan Tema Latar Belakang Pelangi

Suarakita.org- Semenjak Mahkamah agung melegalkan pernikahan sejenis muncul sekitar dua puluh juta foto profil di FB menggunakan tema latar pelangi. Apa kaitannya latar pelangi dengan LGBT?

Suatu gerakan atau komunitas selain membutuhkan sebuah nama buat membedakan dengan gerakan atau kelompok lainnya. Dalam LGBT, Pelangi di ketahui sebagi pemberi tanda atau lambang gerakan persamaan hak buat kelompok LGBT di Amerika Serikat.

Sekitar dua puluh juta memakai foto berlatar pelangi dan salah satu diantaranya adalah CEO FB, Mark Zuckerberg, serta sejumlah artis, diantaranya Arnold, Leonardo DiCaprio. Jumlah mereka yang menggunakan foto profil berlatarkan pelangi di FB mungkin tidak seberapa dibanding dengan pengguna situs tersebut yang mencapai 1,4 miliar di seluruh dunia, namun jumlah tersebut mengalami kenaikan jauh lebih banyak dari perubahan foto profil berlatar pelangi secara masal.

Sebelumnya sekitar dua tahun lalu terdapat 3 juta pengguna FB yang merubah foto profil mereka dengan suatu tanda untuk mendukung pernikahan sejenis. Kemudian terjadi pada empat tahun sebelumnya, dengan tujuan lainnya, terjadi perubahan foto profil serentak menggunakan sebuah tanda untuk mendukung demonstran pro-demokrasi di Iran di twitter.

FB menjelaskan bahwa pihaknya tidak menggunakan filter dalam keperluan pemasangan iklan. Menurut Facebook, keluarnya latar pelangi bersamaan dengan keputusan Mahkamah bukanlah sesuatu yang disengaja. Sesuatu yang tidak direncanakan itu seperti halnya Mahkamah tidak merencanakan sebelumnya untuk mengeluarkan putusan pernikah sejenis di legalkan.

Latar belakang pelangi pada foto profil tersebut dibuat minggu kemarin oleh dua anak magang di Facebook. Mereka mengungkapkan keinginanannya mengajak para karyawan FB agar memperlihatkan dukungannya untuk festival LGBT di San Francisco, New York serta kota-kota lainnya. Namun pada akhirnya hal itu menjadi tren di kalangan karyawan sehingga FB mengambil putusan untuk mengadakannya bagi para pemakai facebook.

Filter-filter atau tema latar pelangi di foto profil saingan pun datang sebagai respon untuk filter pelangi FB. beberapa pengguna di Rusia memakai filter bendera negara mereka. Di AS, situs web Right Wing News membuat fitur yang dapat digunakan untuk meletakkan filter bendera Amerika di atas foto profil mereka.(Ridho Faris)

Sumber: szaktudas.com