Search
Close this search box.
Mandhu Kinnar (tengah), Transeksual India Pertama Yang Menjadi Walikota
Mandhu Kinnar (tengah), Transeksual India Pertama Yang Menjadi Walikota (Sumber: http://www.gaystarnews.com/article/india-elects-first-trans-mayor050115)

Suarakita.org- Seorang transeksual India menorehkan sejarah baru dengan menjadi transeksual pertama yang memenangi pemilihan walikota secara langsung pada Minggu 4 Januari 2015 lalu.

Mandhu Kinnar (35), seorang transeksual berkasta dalit (kasta terendah dalam masyarakat India –red) menjadi Walikota Raigarh, Negara Bagian Chhattisgarh, India. Dia adalah kandidat independen yang berhasil mengalahkan pesaing terberatnya Mahaveer Guruji, kandidat dari partai BPJ (Bharatiya Janata Party, Partai Rakyat India, partai kedua terbesar setelah Indian National Congress –red). Mandhu unggul 4.537 suara dibanding Mahaveer.

Bagi Mandhu terpilihnya dia menjadi walikota adalah bentuk kekecewaan publik terhadap BJP dan Congress yang janjinya tidak pernah terpenuhi. Kemenangan yang ia raih pun merupakan cerminan kasih dan berkat dari masyarakat.”People voted for me as promises made by BJP and Congress were never fulfilled. My victory is a reflection of peoples’ love and blessings” .

Setelah pengumuman kemenangan Mandhu, dia pun dikerubungi oleh transeksual lainnya dan para pendukung dirinya di tempat perhitungan suara.”Saya mendapat dukungan yang luar biasa dari masyarakat selama masa kampanye”, ujar Mandhu.

Prioritas utama Mandu adalah kebersihan dan pembangunan sistem drainase, Dia pun berjanji akan melayani semua masyarakat kota Raigahr dan akan mengembalikan jatah kartu miskin yang sempat dibatalkan. “Cleanliness and construction of drains are my priorities. The poor stood by me, but I will have to take care of all in Raigarh. I will restore ration cards of poor, which were cancelled“.

Mandhu hanya mengenyam pendidikan formal sampai kelas 8. Setelah berhenti sekolah, Mandhu bertahan hidup dari hasil menyanyi dan menari bersama rekan-rekan transeksual lain. Namun kemenangan di hari Minggu itu melambungkan dirinya sebagai orang nomor satu di kota Raigarh, sebuah kota industri yang memiliki pabrik baja dan pembangkit listrik. (Gusti Bayu)

 

Sumber: The Times Of India