Search
Close this search box.
Saat ini, pernikahaan sesama jenis legal di 35 negara bagian AS. (Reuters/Jay Paul)
Saat ini, pernikahaan sesama jenis legal di 35 negara bagian AS. (Reuters/Jay Paul)

Suarakita.org- Seorang pastor di Jackson, Mississippi, AS, membawa kuda dengan gaun pengantin untuk berdiri dengannya di luar pengadilan setempat pada Jumat (12/12) untuk memprotes keputusan hakim federal terkait pernikahan sesama jenis.

Saat ini, hakim federal Mississippi masih dalam proses untuk membatalkan larangan pernikahan sesama jenis di negara bagian yang konservatif itu.

Tak hanya mengenakan gaun pengantin, kuda yang dibawa sang pastor juga lengkap membawa bunga yang terselip di pelana dan kakinya. Kuda itu mengunyah rumput sementara pastor Edward James berbicara dan melambaikan tangan pada orang-orang yang lewat.

“Apakah Anda menerima kuda ini menjadi pasangan tidak alami Anda untuk saling memiliki dan melindungi?” bunyi salah satu spanduk yang dibawanya.

Pada November, Hakim Distrik AS Carlton Reeves membatalkan larangan pernikahan sesama jenis di Mississippi.

Pasangan sesama jenis belum bisa menikah di Mississippi dan saat ini menunggu hasil banding pengadilan AS.

Pernikahan gay saat ini legal di 35 negara bagian AS, berkat keputusan Mahkamah Agung pada Juni 2013 yang mensahkan pernikahan sesama jenis secara nasional. Sementara pendukung pernikahan gay berada di atas angin berkat keputusan pengadilan, kota Cincinnati di Ohio pada November menjadi yang pertama yang tetap mempertahankan larangan terhadap pernikahan sesama jenis.

Mississippi adalah rumah bagi sekitar 3.484 pasangan sesama jenis, menurut sensus terbaru. Sekitar seperempat dari pasangan itu memiliki dan membesarkan anak-anak.

Berbicara dalam sebuah wawancara video yang direkam dengan surat kabar Clarion-Ledger, pastor James mengakui bahwa pengantin kudanya itu tidak masuk akal, tetapi mengatakan apa yang dilakukannya memiliki maksud tersendiri.

Sumber: CNN Indonesia