Search
Close this search box.
Konsul jenderal Inggris di Shanghai Brian Davidson (kiri) menikah kekasihnya Scott Chang (kanan) di kediaman Duta Besar Inggris di Beijing pada akhir pekan.Foto,AFP/Getty Images.
Konsul jenderal Inggris di Shanghai Brian Davidson (kiri) menikah kekasihnya Scott Chang (kanan) di kediaman Duta Besar Inggris di Beijing pada akhir pekan.Foto,AFP/Getty Images.

Suarakita.org-Konsul Jenderal Inggris di Shanghai, China menikahi kekasih gaynya. Penikahan sesama jenis ini digelar di kediaman duta besar Inggris untuk China di Beijing.

Diplomat Inggris, Brian Davidson dan kekasih gay-nya Scott Chang yang berasal dari Amerika Serikat meresmikan hubungan mereka ke jenjang pernikahan pada Sabtu (6/9) lalu. Demikian seperti dilansir AFP, Selasa (9/9/2014).

Pernikahan ini digelar berdasarkan aturan baru, yang mengizinkan setiap warga negara Inggris untuk menggelar pernikahan sesama jenis di konsulat Inggris yang ada di 24 negara di seluruh dunia.

Duta Besar Inggris untuk China, Sebastian Wood memposting foto dirinya bersama dua pengantin baru tersebut, di akun Weibo miliknya. Wood tampak tersenyum sambil membawa kartu merah bertuliskan ‘keep calm and carry on’.

“Hari ini, saya sangat bahagia dan bangga untuk menjamu pernikahan sesama jenis dari Brian Davidson di kediaman saya. Saya berdoa semoga mereka bahagia selamanya,” tulis Dubes Wood dalam akun Sina Weibo-nya.

Secara terpisah, juru bicara Kedubes Inggris di China membenarkan adanya pernikahaan sesama jenis tersebut. Namun mereka menolak berkomentar lebih banyak, karena pernikahan adalah urusan pribadi.

Di sisi lain, pernikahan sesama jenis ini memicu beragam tanggapan dan reaksi publik China. Di negara ini, hubungan sesama jenis tidaklah ilegal, namun pernikahan sesama jenis tidak diakui oleh hukum dan negara

“Negara ini benar-benar sakit. Ini seperti hari terakhir Roma,” tulis salah satu pengguna Weibo setempat.

“Saya menghormati budaya homoseksual asing. Tapi ini bukan budaya China. Tolong hormati itu,” komentar seorang pengguna internet lainnya.

Kendati demikian,  komentar yang mendukung pernikahan inipun bermunculan. “Ini cinta sejati. Saya doakan mereka baik-baik dan saya merasa iri,” ucap pengguna Sina Weibo lainnya.

Sumber: detik.com