Search
Close this search box.

 

Bob McDermott (Sumber: huffingtonpost.com)
Bob McDermott
(Sumber: huffingtonpost.com)

Suarakita.org- Puluhan pasangan gay dan  lesbian asal Hawaii telah menikah sejak regulasi kesetaraan pernikahan disahkan beberapa minggu lalu. Namun Anggota Legislatif Hawaii, Bob Mcdermott,  masih berusaha menghentikan pernikahan sejenis di negeri Aloha tersebut. Dia berencana akan  melakukan judicial review atas undang-undang  kesetaraan pernikahan tersebut.

McDermott mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia  ingin membenamkan dirinya dari sebutan fanatik, pembenci, homopobik, atau  tidak peduli.

McDermott adalah seorang mantan marinir, pria menikah dan ayah dari delapan anak. Bulan lalu, dia mencoba untuk mencegah regulasi kesetaraan pernikahan disahkan. Dia mengklaim memiliki 1998 suara  yang bisa memberi  wewenang kepada dewan legisatif untuk menentukan definisi pernikahan yang disalahpahami oleh pemilih (voters).  Yang mana tujuan akhirnya  untuk melarang pernikahan sejenis secara konstitusional di Negara bagian amerika serikat tersebut.

Hakim Pengadilan  Karl Sakamoto  memutuskan bahwa apa yang dilakukan oleh anggota  legislatif itu  legal tetapi  menolak untuk menunda  undang-undang kesetaraan pernikahan tersebut dijalankan.

Saat ini McDermott   membuat mosi baru untuk  membatalkan undang-undang itu, dan sejak dia mengajukan  sesi dengar pendapat setidaknya sedikit kemungkinan dia sukses. Hakim Sakamoto menjadualkan sesi dengar pendapat pada 13 januari 2013 nanti.

Usaha kelompok gay dan lesbian untuk menikah dilakukan sejak tahun 1990-an. Dan keinginan mereka terwujud, 20 tahun kemudian dengan ditanda-tanganinya undang undang pernikahan oleh Gubernur Hawaii Neil Abercrombie 13 November 2013. (Gusti Bayu)

 

Sumber: Huffington Post