Search
Close this search box.
Ilustrasi : internet
Ilustrasi : internet

Suarakita.org- Kanker payudara adalah jenis kanker yang banyak dialami oleh perempuan. Selama ini kanker payudara diketahui banyak menyerang perempuan berusia 40 tahun ke atas. Namun sebuah penelitian dari Cancer Epidemology menemukan bahwa kasus kanker payudara mulai meningkat pada perempuan muda di bawah 40 tahun.

Penelitian ini menemukan bahwa kasus kanker payudara meningkat sebanyak satu persen setiap tahun antara tahun 1990 hingga 2009 di tujuh negara. Sayangnya peneliti tak mengetahui apakah peningkatan kasus ini disebabkan oleh waktu diagnosis atau faktor risiko yang baru.

Selama ini kanker pada perempuan di bawah 40 tahun cukup langka yaitu sekitar lima persen dari keseluruhan kasus kanker. Meski begitu, diketahui bahwa tingkat kematian akibat kanker payudara cukup tinggi pada perempuan muda, seperti dilansir oleh BBC News (01/11).

Peneliti di Prancis dan Italia menunjukkan bahwa kini kanker payudara banyak menyerang perempuan di usia 40 tahun. Hasil ini didapatkannya setelah melakukan penelitian pada tujuh negara antara lain Belgia, BUlgaria, Prancis, Italia, Portugal, Spanyol, dan Swiss.

“Peningkatan kasus kanker payudara ini lebih banyak pada wanita berusia 35 tahun dan terjadi pada bagian puting,” ungkap ketua peneliti Dr Brice Leclere dari GRELL.

Hal tersebut, menurut Leclere, bisa disebabkan oleh adanya faktor risiko lain seperti memiliki sedikit anak atau kurangnya kewaspadaan perempaun terhadap kanker payudara. Leclere juga menjelaskan bahwa perempuan bisa mengurangi risiko kanker payudara dengan selalu aktif dan mengurangi konsumsi alkohol.

Sumber : merdeka.com