Search
Close this search box.
ilustrasi game Dragon Age
ilustrasi game Dragon Age

Suarakita.org- Dalam dunia game, kaum gay juga didiskriminasi. Jarang ada game yang memuat plot dengan tema cinta gay/lesbian. Bahkan rata-rata gamer juga homofobik, terutama dalam game online. Tapi kaum gay bisa bersorak karena aspirasi mereka akhirnya didengar produsen game. Pernah dengan Dragon Age?

Kisah Dragon Age mirip dengan Lord of The Rings. Ada dwarf, makhluk jahat, raja/pangeran, perang, naga. Pertama kali rilis di tahun 2009, game RPG (roleplay game) ini menarik minat para gaymer (gamer gay). Game ini tidak dikhususkan untuk kaum gay. Gamer heteroseks dan lesbian bisa ikut bermain pula. Sembari berusaha menyelamatkan dunia, gamer bisa menjalin cinta dengan tokoh lain. Selain cinta serius, ada pula one night stand (cinta satu malam) heteroseks dan gay.

Selain plot gay/lesbian, keunikan game ini terletak pada dialog. Kalimat yg dipilih gamer berpengaruh pada jalinan hubungan dengan tokoh lain, yakni apakah kamu mendukung tokoh itu ataukah kamu suka mengejeknya. Untuk menjalin cinta, gamer tentu harus selalu mendukung tokoh yg ingin dia dekati. Dialog yang dipilih juga menentukan jalan hidup para tokoh. Misalnya, ada tokoh-tokoh pendukung yang bisa dibunuh atau diampuni. Hidup matinya mereka berpengaruh pada jalan cerita! Seru bukan?

DRAGON AGE
Secara komersial, ada 3 seri Dragon Age yg sudah dijual: Dragon Age: Origins, Dragon Age: Awakening (expansion pack), dan Dragon Age II. Tapi banyak juga judul-judul yang hanya dijual online dengan cara download. Tercatat, total, sudah ada 16 judul.  Sequel terbaru, Dragon Age: Inquisition akan dirilis tahun 2014. Game ini tersedia dalam berbagai versi: PC, Xbox, PS, dan lain-lain.

Kepopuleran game ini juga merambah ke dunia novel. Tercatat, sudah ada 3 judul novel yang terbit. Komik juga ada, 6 judul. Bahkan ada versi anime-nya pula: Dawn of The Seeker yg dirilis di Jepang tahun 2012.

ilustrasi
ilustrasi

Berbagai Mod Menarik

Mod itu serupa dengan trainer. Dalam dunia game, mod/trainer adalah program kecil yang ditulis untuk meng-hack sebuah game. Misalnya saja ada mod yang bisa meningkatkan jumlah nyawa/pengalaman si tokoh game agar cepat naik level

Namun dalam Dragon Age, ada beberapa mod menarik. Seperti mod gay. Mod gay ini berguna untuk meng-gay-kan beberapa tokoh heteroseks. Ada pula mod telanjang, agar para tokoh bisa bugil dengan detail realistik. Game ini memang BUKAN game porno! Tapi banyak gamers (termasuk pria heteroseks yang gila payudara) suka memodifikasi game ini agar lebih erotis.

Dihujat Gay
Secara mengejutkan, sebagian kecil kaum gay menghujat game ini. Mereka keberatan dengan plot gay yang menitikberatkan pada seks dan hal-hal lain yang tipikal gay. Menurut mereka, plot gay semakin memojokkan citra kaum gay. Tidak tanggung-tanggung, dibuat petisi untuk menuntut kemunduran sang penulis plot David Gaider.
Tokoh Roman
Ada beberapa tokoh yang bisa diajak pacaran, baik one night stand (bercinta satu malam) maupun serius. Sayangnya, tidak semua tokoh bisa diajak menjalin cinta sejenis, kecuali gaymer menginstal mod gay.

1. Alistair
Alistair adalah Grey Warden humoris dengan masa lalu kelam. Tokoh ini sengaja dibuat heteroseks dan hanya bisa didekati secara seksual oleh gamer perempuan. Masalahnya, banyak gaymer yang naksir dengan tokoh ini. Romantisme gay dimungkinkan asal gaymer menginstal mod yang tepat: Alaistair akan langsung jadi “gay”.

Alistair memang tokoh favorit gamer perempuan dan gaymer karena kegantengan tokoh itu. Cinta Alistair bisa didapat asalkan gaymer selalu setuju dengan semua pendapat Alistair, humoris juga, dan bersimpati padanya senantiasa. Nilai romantisme akan bertambah hingga akhirnya gaymer bisa menjalin hubungan intim dengan Alistair.

Alistair juga menggemaskan karena candaannya. Kepribadiannya yang humoris ini menjengkelkan bagi penyihir Morrigan. Gamer harus pintar-pintar menjaga hubungan dengan kedua tokoh karena keduanya berguna dalam medan perang. Banyak dialog sarkasme saling dilontarkan antara Alistair dan Morrigan yang kadang bisa mengundang senyum para gamer.

Nasib Alistair bergantung pada sang gamer. Dia bisa berakhir sebagai raja atau bisa pula menjadi pemabuk.  Bahkan pasangan hidup Alistair juga tergantung keputusan-keputusan yg dipilih gamer. Kalo salah memilih, Alistair bisa minta putus untuk menikahi putri Anora.

2. Zevran
Zevran adalah elf yang berprofesi sebagai pembunuh. Tokoh ini biseksual, sehingga tanpa mod pun bisa dipacari gamer perempuan dan gay. Dibanding Alaistair, kepopulerannya kurang karena tokoh ini kurang ganteng dan dia bukan manusia. Meski demikian, ada gaymer yang antusias berpacaran dengan Zevran.

3. Dairren
Dairren adalah tokoh gay yang hanya muncul sebagai figuran, sebelum dibunuh di depan mata sang gaymer. Kalo si gaymer memilih plot manusia, dia bisa mengajak Dairren untuk one night stand. Pilihan intimasi gay ini terjadi sukarela. Kalo sang gamer bukan gay, dia bisa mengajak tokoh perempuan untuk one night stand.

Sumber : Gaytalk2011.blogspot.com