Search
Close this search box.
Barack Obama
Barack Obama

Suarakita.org- Presiden AS Barack Obama mengaku geram dengan hukum yang mendiskriminasi kaum homoseksual di Rusia.

“Anda (Rusia) melanggar moralitas dasar yang saya pikir harus melampaui setiap negara,” kata Obama ketika ditanya tentang hukum Rusia.

Obama lantas mengeritik undang-undang Rusia yang menindak hak-hak gay. Ia mengatakan cara-cara intimidasi sangat membahayakan kaum gay.

Dia merujuk ke negara-negara di Afrika, tanpa menyebut nama khusus, yang dalam beberapa cara menganiaya kaum gay dan lesbian..

“Salah satu hal yang menurut saya sangat penting dan harus dikatakan adalah memastikan bahwa mereka diperlakukan secara adil.”

Kritikan Obama ini tentu saja mengacu pada Rusia yang baru saja memperkenalkan denda hingga 5.000 rubel (US$ 156) untuk warga yang menyebarkan informasi tentang homoseksualitas kepada anak-anak.

RUU itu telah memicu kontroversi menjelang Olimpiade 2014 di Sochi dan mengangkat kekhawatiran bahwa mengunjungi atlet dan penonton gay bisa menghadapi tindakan hukum.

“Kami tidak akan mentolerir gay dan lesbian yang diperlakukan berbeda (di Olimpiade),” kata Obama.

“Mereka atlet. Mereka berada di sana untuk bersaing. Jika Rusia ingin menegakkan semangat Olimpiade maka setiap keputusan harus dibuat di trek atau di kolam renang atau di balok keseimbangan,” imbuhnya.

“Orientasi seksual Rakyat seharusnya tidak ada hubungannya dengan itu,” pungkasnya.

Sumber : jaringnews.com