Search
Close this search box.
REUTERS/Enrique Castro-Mendivil
REUTERS/Enrique Castro-Mendivil

Ourvoice.or.id- Ratusan ribu pasangan gay dan lesbian berbondong-bondong mendatangi seluruh balai kota di San Francisco pada Sabtu, 29 Juni 2013. Mereka melakukan selebrasi atas pencabutan larangan pernikahan sesama jenis di California, yang juga bertepatan dengan perayaan peringatan Pride.

Sekitar 1,5 juta orang hadir dalam selebrasi ini. Setelah putusan tersebut diumumkan, ratusan pernikahan sesama jenis pun digelar agar mereka bisa mendapatkan surat nikah secara resmi.

“Selamat datang di San Francisco. Ini merupakan langkah yang tepat untuk Anda semua,” ujar Gabriel Breitzke Rivera sambil mengarahkan semangat ke ratusan ribu pasangan gay dan lesbian sebelum pintu balai kota dibuka.

Menjelang siang pada hari Sabtu, Breitzke-Rivera, seorang wakil komisaris pernikahan, sudah melakukan puluhan pernikahan sesama jenis. “Aku menangis bahagia melihat pernikahan ini,” kata Breitzke-Rivera, 61 tahun.

NY Times melaporkan bahwa pejabat kota pun memutuskan untuk membuka kantornya hingga akhir pekan agar dapat menikahkan pasangan gay dan lesbian tersebut.

Pelarangan pernikahan sejenis, yang sebelumnya telah diresmikan pada bulan November 2008 di California, kini telah dicabut oleh pengadilan banding di Amerika Serikat pada Rabu, 26 Juni 2013. Putusan ini merupakan pukulan bagi organisasi pembela larangan pernikahan sejenis yang dikenal dengan sebutan Proposition 8. Dua orang pihak oposisi kasus Proposition 8, Sandy Stier dan Kris Perry, dari Berkeley pun menjadi pasangan pertama yang menikah di San Francisco.

Dengan adanya putusan MA ini, maka pernikahan sejenis telah diakui secara hukum di 13 negara bagian Amerika dan Distrik Columbia.

Sumber : tempo.co