Search
Close this search box.
(Kevin Rudd. Mantan Perdana Menteri Australia. Photo: AFP/Getty)
(Kevin Rudd. Mantan Perdana Menteri Australia. Photo: AFP/Getty)

Ourvoice.or.id- Mantan perdana menteri Australia, Kevin Rudd, mengatakan sebuah “perjalanan pribadi” telah mendorongnya mengubah pikiran mengenai pernikahan sejenis. Kini, dia mendukung pernikahan sejenis -dan ini berarti dia memiliki perbedaan pendapat dengan pemimpin partainya, Julia Gillard.

Julia Gillard tidak mendukung pernikahan sejenis, walaupun dia telah membuka jalan untuk conscience vote bagi anggota parlemen Partai Buruh, yang mereka boleh memberi suara berdasarkan kepercayaan mereka sendiri tanpa harus mengikuti kebijakan partai.

Kevin Rudd mengatakan telah berubah pikiran setelah “melakukan banyak pemikiran” dan berdiskusi dengan teman dan keluarga, selain dengan mantan anggota timnya yang gay.

“Ini saatnya untuk menjelaskan kepada masyarakat Brisbane yang memilih saya, dan secara umum bagi rakyat Australia, alasan saya mengubah pikiran,” kata Kevin Rudd di dalam halaman blog-nya.

“Tentunya Australia cukup dewasa pada tahun 2013 untuk memiliki definisi pernikahan untuk yang berdasarkan sekulerisme negara, dan definisi pernikahan yang dimiliki oleh lembaga keagamaan dan gereja, dan masing-masing bisa memiliki upacara pernikahan sendiri,” tulisnya.

Kevin Rudd mengatakan tidak akan menjadi juru kampanye dalam bidang ini, dan tidak akan berusaha mengubah pendapat Julia Gillard.

“Setiap orang akan mengambil keputusan sendiri dari suara hati mereka sendiri,” katanya.

“Saya yakin Perdana Menteri (Gillard) telah mengambil sikap melawan pernikahan sejenis sebagai hasil suara hati dan pemikirannya sendiri. Ini terserah dia.”

Sementara itu, Julia Gillard mengatakan Kevin Rudd menggunakan kesempatan menggunakan conscience vote untuk memiliki sikap sendiri.

“Jelas kalau setiap anggota partai Buruh, termasuk Kevin Rudd, akan menggunakan kebebasan ini untuk melakukan refleksi secara mendalam dan mengambil sikap mereka sendiri mengenai pernikahan sejenis,” katanya.

Julia Gillard dan Kevin Rudd meminta pemimpin Oposisi, Tony Abbott, untuk memperbolehkan conscience vote untuk anggota parlemen dari Koalisi.

Tapi Tony Abbott, yang saudara perempuannya adalah seorang lesbian, mengatakan belum mengubah sikap.

“Saya menghormati Kevin Rudd, dia memiliki hak untuk mengubah pikiran. Yang jelas, saya belum mengubah pikiran saya,” katanya.

Sementara itu, sebuah kelompok lobi politik keagamaan Australian Christian Lobby (ACL) mengatakan perubahan pikiran ini “sangat mengecewakan” dan menuduh Kevin Rudd hanya mengikuti arus “perdebatan sempit” yang kini sedang terjadi.

Sumber : radioaustralia.net.au

Video untuk berita ini Klik : Kevin Rudd changes stance on gay marriage