Search
Close this search box.
Ada sekitar 2,9 juta remaja dan anak-anak yang aktif di kepanduan AS
Ada sekitar 2,9 juta remaja dan anak-anak yang aktif di kepanduan AS

Ourvoice.or.id- Organisasi kepanduan Amerika, The Boy Scouts of America, memutuskan untuk menerima anggota yang secara terbuka mengaku sebagai gay

Keputusan ini diambil dalam pemungutan suara yang mengakhiri kegaduhan terkait isu yang memecah belah gerakan ini. Lebih dari 60% anggota dewan nasional, yang terdiri dari 1.400 anggota yang memiliki hak suara mendukung perubahan ini dalam sebuah pertemuan di Texas, AS.

Tetapi larangan ini masih berlaku bagi pemimpin kepanduan dewasa yang secara terbuka mengaku gay.
Perubahan ini akan berlangsung secara efektif 1 Januari 2014.

Resolusi pembatalan larangan ini “menegaskan bahwa kepanduan adalah program pemuda, dan setiap melakukan hubungan seksual, baik heteroseksual atau homoseksual bagi kaum muda adalah bertentangan dengan nilai kebajikan kepanduan.”

“Sementara orang memiliki opini yang berbeda tentang kebijakan ini, kita semua bisa sepakat bahwa anak-anak lebih baik tidak melakukan hubungan seksual saat aktif di kepanduan,” demikian isi pernyataan Boy Scouts of America.

Isu pencabutan larangan ini sebelumnya sempat dibawa keKlik pertemuan dewan nasional Februari lalu, tetapi pengambilan keputusan ditunda hingga ada keputusan dari dewan yang lebih luas.

Berisiko pencabutan dana?
Kampanye untuk mengakhiri larangan gay di kepanduan Amerika ini menimbulkan gesekan terutama diantara kelompok agama yang mendukung gugus depan kepramukaan lokal dengan kaum liberal yang menilai larangan tersebut sebagai diskriminasi usang.
Sejumlah pihak dalam gerakan kepanduan mengkhawatirkan kelompok keagamaan dan konservatif akan menarik dukungan keuangan jika larangan ini dicabut.

Tetapi banyak kelompok liberal juga mengharapkan larangan anggota dewasa pemimpin kepanduan yang mengaku gay juga dicabut, dengan alasan remaja gay anggota kepanduan akan meninggalkan gerakan ini saat beranjak dewasa karena larangan tersebut.
The Boy Scouts of America, didirikan tahun 1910, memiliki 2,6 juta anggota muda -turun dari angka puncak yang sempat menembus sekitar 4 juta anggota- dan sekitar satu juta anggota dewasa dan sukarelawan.

Hingga Juli 2012, gerakan kepanduan Amerika Serikat bertahan pada larangan gay dengan menyebutnya sebagai ”kebijakan terbaik bagi organisasi”.

Sumber : BBC