Search
Close this search box.
(Presiden Rusia Vladimir Putin. foto : Dailystar)
(Presiden Rusia Vladimir Putin. foto : Dailystar)

Ourvoice.or.id- Presiden Rusia Vladimir Putin angkat bicara terkait pernikahan sejenis yang dilegalkan oleh beberapa negara Eropa, khususnya Perancis. Menurut Putin, pelegalan pernikahan sejenis bisa mempengaruhi hubungan bilateral negara-negara di Eropa khususnya dalam konteks adopsi.

“Saya menganggap itu adalah hal yang benar apabila kita mengubah kembali perjanjian tersebut. Ini (pernikahan sesama jenis) adalah masalah dan kita perlu berpikir tentang hal itu,” ujar Putin saat mengadakan pertemuan dengan anggota parlemen Rusia, seperti dilansir AFP Sabtu (27/4/2013).

Putin mengatakan, “Negara-negara lain harus menghormati tradisi budaya dan norma etika Rusia,” tambahnya.

Pernyataan Putin ini merupakan reaksi pertama dari Rusia setelah 14 negara di dunia mengubah Undang-undang mereka untuk melegalkan pernikahan sesama jenis. Beberapa negara tersebut adalah Kanada, Belanda, Argentina, Spanyol, Afrika Selatan dan Perancis pada 2013 ini.

Khusus Perancis, negara ini merupakan negara terakhir yang melegalkan pernikahan sejenis tersebut, menyusul disetujuinya rancangan Undang-undang oleh mayoritas politisi di Parlemen. Keputusan ini diambil menyusul debat publik yang terus terpecah dan sejumlah aksi protes terbesar masyarakat Prancis mengenai hal tersebut. (rni/fjr)

Sumber : detik.com