Search
Close this search box.
Jason Collins menjadi pemain aktif pertama dalam olahraga beregu profesional terkemuka Amerika yang mengumumkan bahwa ia gay. (Credit: Getty Images)
Jason Collins menjadi pemain aktif pertama dalam olahraga beregu profesional terkemuka Amerika yang mengumumkan bahwa ia gay. (Credit: Getty Images)

Ourvoice.or.id- Pemain tengah NBA Jason Collins menjadi pemain aktif pertama dalam olahraga beregu profesional terkemuka Amerika yang mengungkapkan bahwa ia gay

Collins mengeluarkan pengumuman bersejarah itu dalam wawancara dengan majalah Sports Illustrated.

“Saya pemain tengah NBA berusia 34 tahun. Saya berkulit hitam dan saya gay,” tulisnya.

“Saya tidak bermaksud menjadi atlit pertama dalam olahraga beregu terkemuka Amerika yang terang-terangan mengumumkan gay. Tapi karena kenyataannya begitu, dengan senang hati saya memulai percakapan.”

Pemain basket berusia 34 tahun itu sudah bermain di NBA untuk 12 musim dengan enam tim, dan dalam kampanye terakhir ini bersama Boston Celtics dan Washington Wizards. Ia membantu New Jersey Nets mencapai Final NBA 2002 dan 2003.

Collins juga mendapat dukungan dari sesama atlit gay, antara lain John Amaechi dari Inggris, yang sesekali main di NBA dari 1995 sampai 2003, dan yang di tahun 2007 menjadi pemain NBA yang sudah pensiun pertama yang mengaku gay.

Komisioner NBA, David Stern, mengatakan, Jason dan saudara laki-lakinya Jarron “menjadi anggota teladan dalam keluarga NBA” dan memuji Collins atas keberanian dan kepemimpinannya dengan pengakuannya itu.

Atlit terkemua Australia pertama yang mengumumkan dirinya gay adalah Ian Roberts di tahun 1995.

Sumber : radioaustralia.net.au