Search
Close this search box.

Ourvoice.or.id– Senator Partai Republik asal Ohio, Rob Portman, berganti haluan dari pendirian awalnya yang menolak pernikahan sesama jenis. Dia kini mengatakan dirinya mendukung pernikahan pasangan homoseksual setelah anaknya mengakui sebagai seorang homoseksual.

Portman, yang sempat dipertimbangkan sebagai salah satu calon kuat maju bersama Mitt Romney dalam pemilu Amerika Serikat (AS) tahun lalu, berkata pada koran Ohio bahwa anaknya, Will, mengaku seorang gay kepada dirinya dan istrinya, Jane, pada tahun 2011.

“Hal itu membuat saya berpikir soal isu ini dari perspektif yang baru, dan ini posisinya sebagai seorang ayah yang sangat mencintai anaknya dan menginginkan dia memiliki kesempatan yang sama seperti saudara laki-laki dan perempuannya, seperti hubungan yang saya dan istri saya miliki selama 26 tahun,” kata Portman, seperti dikutip dari Cleveland.com.

“Jika terjadi sesuatu, saya bahkan lebih bangga dengan caranya dia mengatasi segala sesuatu. Dia adalah seorang pria yang luar biasa,” kata Portman.

Pendiriannya yang melunak soal homoseksual juga terjadi setelah Presiden AS Barack Obama secara drastis mendukung pernikahan sesama jenis pada kampanye tahun 2012. Sikap Obama itu langsung menarik simpati para aktivis homoseksual. Sejumlah survei menunjukkan Obama meraih peningkatan peringkat yang tajam setelah itu.

Saat Portman dipertimbangkan menjadi pendamping Romney tahun lalu, dia mengaku kepada Romney kalau anaknya seorang gay.

Walaupun akhirnya tidak dipilih menjadi wakil Romney untuk maju dalam pemilu tahun lalu, Senator Portman menjadi penasihat utama Romney dan berperan dalam persiapan debat calon presiden (capres).

Pernyataan Portman ini mencuat pada hari yang sama di mana senator asal Partai Republik, Marco Rubio, yang kemungkinan menjadi capres Partai Republik pada pemilu 2016 nanti, merangkul para kaum konservatif mengenai posisinya atas beberapa isu, terutama penolakannya atas pernikahan pasangan homoseksual.

“Hanya karena saya percaya negara bagian berhak mengartikan pernikahan secara tradisional, itu tidak membuat saya menjadi seorang fanatik,” katanya saat berpidato dalam konferensi Aksi Politik Konservatif di Maryland.

Sumber : beritasatu.com