Search
Close this search box.

Ourvoice.or.id- Kardinal Argentina Jorge Mario Bergoglio terpilih sebagai Paus baru dengan mengambil nama Paus Fransiskus. Pria berusia 76 tahun tersebut terpilih menjadi Paus pertama yang berasal dari Amerika Latin.

Dinukil dari Huffington Post, Kamis (14/3/2013), Paus Fransiskus akan memimpin 1,2 miliar umat Katolik di seluruh dunia. Pemilihannya kali ini memang terbilang sejarah baru, karena dia adalah Paus pertama yang dipilih dari benua Amerika Latin.

Presiden Gay & Lesbian Alliance Against Defamation (GLAAD) Herndon Graddick pun merespons terpilihnya Paus Fransiskus sebagai Paus Benediktus I. Dia mengatakan, selama beberapa dekade, hirarki Katolik disebutnya sebagai reformasi yang putus asa.

“Dalam hidup, Kristus mengutuk gay. Dalam waktu singkat, Paus Benediktus pun mengutuk kaum gay dan lesbian secara rutin. Kami berharap Paus ini mengurangi waktunya untuk mengutuk,” tukas Graddick.

Dia secara tegas menyatakan, bila diskriminasi nyata yang harus dihadapi saat ini adalah banyaknya pedofilia yang telah merajalela di Gereja Katolik dengan adanya sedikit kolusi dari Vatikan.

Senada dengan GLADD, Chief Executive Stonewall Ben Summerskill merespons jika pemilihan Paus kali ini menunjukkan adanya cinta kasih dari umat dan lebih bermurah hati terhadap 420 juta lesbian, gay, dan biseksual dibandingkan pendahulunya.

Sumber : okezone.com