Search
Close this search box.
Para aktivis berdemonstrasi terkait pemerkosaan massal mematikan yang terjadi Desember tahun lalu. (Agence France-Presse/Getty Images)

Ourvoice.or.id. Kepolisian India, Selasa lalu, menangkap seorang lelaki yang diduga berupaya memperkosa dan membunuh seorang mahasiswi berusia 19 tahun di sebelah tenggara New Delhi. Insiden terjadi beberapa hari setelah pemerintah India mengeluarkan peraturan daerah yang ditujukan memperkuat undang-undang pelecehan seksual menyusul pemerkosaan massal mematikan yang terjadi di dalam sebuah bus, 16 Desember lalu.

Sekitar pukul 8 malam waktu setempat, Senin, Anil Kumar, sang tersangka, diduga mengunjungi kediaman perempuan itu di daerah permukiman kumuh Lajpat Nagar untuk menagih uang listrik, ujar polisi dalam sebuah pernyataan. Sang korban dan keluarga mengenal Kumar, menurut polisi.

Setelah mengetahui bahwa remaja itu sendirian, Kumar yang berusia 25 tahun dituduh “mendesakkan dirinya ke tubuh sang gadis dan menyerangnya,” demikian pernyataan kepolisian. Ketika korban berteriak, Kumar menjejalkan sebatang besi ke tenggorokan gadis itu, ujar Ajay Chaudhury, pejabat kepolisian senior yang menyelidiki kasus.

Sejumlah tetangga mengaku mendengar teriakan perempuan belia itu dan mulai berkerumun di depan rumahnya, kata Chaudhury. Menurutnya, Kumar dituduh melarikan diri dari lokasi.

Para tetangga lantas melarikan sang gadis ke Rumah Sakit Moolchand yang dikelola pihak swasta. Salah satu tetangga melaporkan peristiwa itu ke polisi, ujar Chaudhury.

Hukum India melarang media untuk mengungkap nama korban pemerkosaan. Upaya menghubungi sang gadis tidak berhasil. Kumar, yang kini berada dalam tahanan, tidak bisa dimintai keterangan. Ia belum mendapatkan perwakilan hukum. Kasus itu belum sampai ke pejabat pengadilan rendah yang berwenang menentukan apakah akan secara resmi menuntutnya atau tidak.

Surbhi Sinha, pejabat urusan media di Moolchand memastikan korban pelecehan itu masuk ke rumah sakit dengan sejumlah luka parah di tenggorokan dan leher, Senin lalu. Menurut Sinha, gadis itu mendapatkan pertolongan pertama sebelum dipindahkan ke rumah sakit milik pemerintah, All India Insitute of Medical Sciences (AIIMS).

Menurut Chaudhury, gadis itu dalam kondisi stabil dan telah menjalani operasi tenggorokan dengan lancar di AIIMS, Selasa. Para pejabat rumah sakit menolak memberikan komentar.

Pihak kepolisian menanyai korban di rumah sakit. Dari keterangannya, polisi mengarahkan pencarian pada Kumar, ujar Chaudhury. Tim pejabat kepolisian menyergap Kumar di rumahnya di Lajpat Nagar. Akhirnya, polisi menangkap tersangka di rumah pamannya di Faridabad, sebuah kota yang terletak di pinggiran New Delhi.

Sumber : wsj.com