Search
Close this search box.

IST : manteb.com
IST : manteb.com

Ourvoice.or.id. Hari AIDS internasional diperingati di sejumlah wilayah di Kota Surakarta sejumlah waria yang tergabung dalam himpunan waria Solo melakukan aksi memperingati hari AIDS ini dengan kampaye menggunakan alat kontrasepsi atau kondom.

Aksi yang dilakukan sejumlah waria yang tergabung dalam himpunan waria Solo (Hiwaso) Kota Surakarta. Bertepatan dengan hari HIV/AIDS sedunia yang jatuh 1 Desember ini mereka melakukan aksi di bundaran gladag dengan berdandan cantik menggunakan pakaian ketat dan rok mini mereka mengkampanyekan penggunaan kondom.

Menurut mereka menggunakan alat kontrasepsi salah satu cara untuk menangkal penularan HIV/AIDS akibat seks bebas. Sejumlah waria yang masih menjadi pekerja seks komersial ini mengaku selalau menggunakan kondom tiap kali melayani pelanggan. Meski mengurangi kenikmatan, namun mereka sadar akan penularan HIV/AIDS serta bahaya yang diakibatkan penyakit berbahaya ini.

Sembari berjalan berlenggak-lenggok, para waria Solo ini membawa poster-poster yang berisi stop HIV/AIDS bahaya akan penyakit mematikan ini. Meraka juga meneriakkan yel-yel penggunaan kondom serta siap hidup sehat tanpa AIDS.

Uniknya dalam aksi ini turut dikawal sejumlah Satpol PP yang sering kali melakukan penertipan tempat-tempat yang digunakan untuk mangkal di Kota Surakarta. Bahkan lokasi yang digunakan untuk berias wajah berada di mobil Satpol PP. Aksi sejumlah waria Solo ini juga menarik perhatian dari sejumlah pejalan kaki maupun kendaran yang lewat di bundaran gladak hingga meluangkan waktu untuk melihat aksi hari AIDS sedunia ini. Sementara relawan HIV/AIDS komunitas waria mama londo mengatakan para waria Solo berharap dengan aksi ini mereka tidak menjauhi oleh masyarakat.

Pihaknya juga meminta agar masyarakat tidak mengecap waria sebagai salah satu penyebar AIDS namun waria justru mampu mengkampayekan anti AIDS. (Harun Alrosid – Surakarta)

Sumber : manteb.com