Search
Close this search box.
Pasangan lesbian Pete-e Petersen dan Jane Abbot Lighty telah menjalani hidup bersama 35 tahun. queerty.com ©2012 Merdeka.com
Pasangan lesbian Pete-e Petersen dan Jane Abbot Lighty telah menjalani hidup bersama 35 tahun. queerty.com ©2012 Merdeka.com

Ourvoice.or.id. Pasangan lesbian jompo asal Kota Seattle untuk pertama kali menerima surat pernikahan dari negara Bagian Washington, Amerika Serikat.

Situs queerty.com melaporkan, Jumat (7/12), Pete-e Petersen, 85 tahun, dan Jane Abbot Lighty, 77 tahun, telah menjadi pasangan lesbian selama 35 tahun. Mereka mengira akan meninggal tanpa pernah diakui menikah secara sah. Akhirnya kemarin malam impian mereka terwujud setelah menerima surat pernikahan sebagai pasangan lesbian diakui negara.

Mereka bertemu dalam sebuah kencan buta dirancang teman mereka di sebuah restoran di Sacramento pada 13 Januari 1977. Dua pekan kemudian mereka tinggal bersama. “Ini merupakan perjalanan panjang,” kata Petersen.

Setiap hari mereka tinggal bersama dua ekor anjing dan seekor kucing. Petersen juga mengadopsi bocah perempuan 10 tahun. Lighty sebelumnya pernah menikah dengan seorang laki-laki selama dua tahun. Pada 1986 mereka pindah ke Seattle. “Orang-orang tidak tahu kalau kami pasangan lesbian,” kata Lighty.

Mereka perlahan membuka diri di akhir 1990-an dengan mendukung paduan suara kelompok gay. Pada awal 2000-an mereka mulai mendukung kelompok paduan suara lesbian.

Pada 2005 mereka memutuskan menikah di sebuah gereja. Di tahun itu juga mereka muncul dalam sebuah film dokumenter berjudul Inlwaws & Outlaws.

Ahad ini mereka akan kembali menikah tapi dilengkapi surat pengakuan sebagai pasangan lesbian.

Sumber : http://www.merdeka.com