Search
Close this search box.

Ourvoice.or.id. Entah itu masalah tugas yang diberikan, kesempatan promosi, sampai masalah gaji, Perempuan masih sering menganggap bahwa dirinya dipandang sebelah mata oleh atasan. Apakah itu benar? Coba simak dulu tanda diskriminasi gender di dunia kerja seperti yang dilansir dariGalTime berikut ini.

Saat wawancara Apakah pihak perusahaan bertanya rencana jumlah anak yang ingin Anda miliki atau bagaimana cara Anda menghabiskan waktu dengan mereka? Jika iya, ini adalah salah satu tanda diskriminasi gender di dunia kerja. Sebab faktanya perusahaan kemungkinan besar tidak tertarik untuk merekrut ibu, atau bahkan calon ibu.

Tidak boleh mengkritik Apakah Anda juga tidak diperbolehkan mengkritik kinerja teman maupun atasan di kantor? Berita buruk jika jawabannya iya. Sebab kritikan dari perempuan  dianggap tidak kredibel sehingga perusahaan akan lebih memilih untuk mengabaikan pendapat perempuan.

Pekerjaan tertentu Perempuan sering diposisikan sebagai pegawai administrasi. Kemudian kesempatan untuk menjadi pemimpin juga dibatasi oleh perusahaan. Jika Anda mengalaminya, maka itu adalah salah satu tanda bahwa ada diskriminasi gender di tempat kerja.

Tenggat waktu Memberikan pekerjaan yang terlalu dekat dengan tenggat waktu yang ditentukan juga merupakan tanda diskriminasi. Sebab perempuan akan dianggap tidak mampu melakukannya dengan baik. Padahal siapapun yang diberi waktu singkat untuk mengerjakan sesuatu yang berat pun kemungkinan besar akan gagal.

Cara mengobrol Saat mengobrol bersama teman kerja atau atasan, apakah pembicaraan Anda sering dipotong? Jika iya, ada kemungkinan ada diskriminasi di tempat kerja. Namun Anda harus ingat, perempuan memang cenderung membagi informasi dengan berbagi pengalaman dan bertanya. Sementara pria mengobrol degan cara lebih kepada memberi informasi daripada bertanya.

Itulah tanda diskriminasi gender di dunia kerja. Apakah Anda juga mengalaminya di tempat kerja yang sekarang?

Sumber : http://www.merdeka.com