Search
Close this search box.

inilah.com/Wirasatria
inilah.com/Wirasatria

Ourvoice.or.id. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Amerika Serikat (AS), jumlah perempuan di Senat mencapai jumlah tertingginya. Sebanyak 20 perempuan akan menjadi senator di AS, peningkatan dari jumlah saat ini yang 17 senator perempuan.

Di Massachusetts, Senator Elizabeth Warren dari Partai Demokrat mengalahkan Senator Scott Brown, incumbent dari Partai Republik. Ia menjadi senator perempuan pertama di negara bagian itu.

Di Negara Bagian Nebraska, Senator Deb Fischer dari Partai Republik menggurus incumbent Senator Bob Kerrey dari Partai Demokrat dan menjadi senator perempuan full-term pertama di Nebraska.

Incumbent Senator Missouri Claire McCaskill dari Partai Demokrat mempertahankan posisinya dari calon Senator Todd Akin. Agustus lalu, Akin jadi sosok kontroversial setelah menolak aborsi bagi korban pemerkosaan.

Sejumlah senator di Amerika juga mencetak sejarah sendiri. seperti Senator Hawaii Mazie Hirono dari Partai Demokrat yang menjadi senator Asia-Amerika pertama. Negara Bagian Wisconsin bangga memiliki Tammy Baldwin sebagai senator perempuan gay pertama.

Tahun ini, sekitar setengah dari calon senator yang berebut kursi adalah perempuan. Ini saja sudah memecahkan rekor terbanyak. Di beberapa tempat, senator perempuan berebut kursi dengan calon senator perempuan lainnya.

Dua puluh tahun lalu, 1992 dideklarasikan sebagai tahunnya perempuan. Yakni ketika tercapai jumlah rekor perempuan terbanyak di Senat, enam orang. Ketika itu, Bill Clinton dari Partai Demokrat terpilih sebagai presiden.

 Sumber : http://web.inilah.com