Search
Close this search box.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama menelepon relawan-relawan kampanyenya di kantor pemenangannya di Columbus, Ohio, Senin (5/11/2012). AFP PHOTO/Jewel Samad
Presiden Amerika Serikat Barack Obama menelepon relawan-relawan kampanyenya di kantor pemenangannya di Columbus, Ohio, Senin (5/11/2012). AFP PHOTO/Jewel Samad

Ourvoice.or.id. Presiden Amerika Serikat (AS) berhasil memenangkan pilpres tahun ini dengan mengungguli perolehan Electoral College atas penantangnya, Mitt Romney. Hingga saat ini, selisih perolehan suara antara kedua kandidat benar-benar tipis, yakni hanya sekitar 222.356 suara.

Dalam hasil penghitungan seperti dilansir CNN, Rabu (7/11/2012), secara prosentase kedua kandidat sama-sama memperoleh 49 persen suara. Namun perolehan popular vote Obama sebenarnya lebih sedikit dari Romney.

Obama meraih 46.159.364 suara, sedangkan Romney sedikit lebih banyak dengan 46.380.720 suara. Meski lebih unggul, perolehan popular vote tidak berpengaruh terhadap hasil pilpres. Sebab yang diperhitungkan adalah perolehan suara Ellectoral College.

Diketahui bahwa penghitungan perolehan suara Ellectoral College menunjukkan Obama kini jauh mengungguli Romney dengan 281 suara melawan 201 suara. Dibutuhkan 270 suara Ellectoral College untuk memenangkan pilpres AS.

Sementara itu, beberapa saat setelah dipastikan memenangkan pilpres AS, Obama langsung menyampaikan ucapan terima kasih kepada pendukungnya melalui akun Twitter-nya dan akun Facebook-nya.

“Ini terjadi karena kalian. Terima kasih,” tutur Obama dalam akun resminya @BarackObama, seperti dilansirAFP. “Empat tahun ke depan,” imbuhnya.

Obama yang merupakan perintis dalam kampanye online ini juga memuji rakyat AS yang telah mendukungnya. “Kita semua bersama-sama. Itulah caranya kita berkampanye dan itu menunjukkan siapa kita. Terima kasih. -bo,” tuturnya.

Diketahui bahwa inisial ‘bo’ merupakan tanda bahwa pesan tersebut merupakan pesan pribadi yang berasal dari dirinya. Kicauan Obama tersebut langsung di-retweet sebanyak 88 ribu kali. Tidak hanya itu, Obama juga mengunggah foto dirinya tengah memeluk sang istri, Michelle Obama, saat merayakan kemenangannya.(nvc/ita)

Sumber : http://news.detik.com