Search
Close this search box.

ilustrasi : gayexpress.co.nz
ilustrasi : gayexpress.co.nz

Ourvoice.or.id. Memperingati Hari AIDS Sedunia, Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN). akan gelar kampanye HIV/AIDS di lima mall di Jakarta. Pembukaan roadshow kampanye akan dilakukan di FX Mall Sudirman Jakarta.

Dalam siaran pers, Kamis, (15/11), Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono selaku Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Nasional, akan membuka secara resmi  acara roadshow itu.  Dikatakan Agung, kampanye di mall bertujuan untuk memperluas jangkauan komunikasi, informasi, dan edukasi kepada masyarakat umum.

Sesuai dengan tema Hari AIDS Sedunia 2012, ‘Lindungi Perempuan dan Anak dari HIV dan AIDS’, kampanye ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan perempuan dan anak terhadap HIV dan AIDS.

“Juga untuk memperkuat komitmen laki-laki yang berisiko tinggi dalam melindungi dirinya sendiri maupun keluarganya dari HIV/AIDS,” tutur Agung.

Selain itu kampanye juga dilakukan untuk upaya menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap Orang Dengan HIV/AIDS, khususnya perempuan dan anak. Dikatakan Agung, berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan, jumlah kumulatif kasus HIV hingga triwulan II tahun 2012 tercatat sebanyak 9.883 kasus baru.

Jumlah kasus HIV/AIDS di kalangan perempuan, kata dia, juga menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. “Yaitu 13 persen pada tahun 2011, 21 persen pada tahun 2007, dan mencapai 33 persen pada tahun 2010,” jelasnya.

Agung mengapresiasi partisipasi dan keterlibatan perusahaan swasta yang telah secara rutin mengalokasikan anggarannya untuk mendukung program-program penanggulangan HIV/AIDS.  Dia juga mengapresiasi pihak manajemen mall yang telah memberi dukungannya pada kampanye peringatan Hari HIV/AIDS  Sedunia tahun 2012.

Dalam acara yang sama, Sekretaris KPAN, Kemal N. Siregar, ikut meresmikan dibukanya pameran foto Mata Perempuan, serta peluncuran buku kumpulan fotografi hasil karya perempuan dengan HIV.

Dia berharap media fotografi bisa menjadi salah satu media  komunikasi, informasi dan edukasi, serta materi advokasi bagi pemangku kebijakan di tatanan atas pemerintahan.

“Terutama  untuk mendorong lahirnya kebijakan-kebijakan baru yang secara berkelanjutan mampu mendukung program penanggulangan HIV nasional,” kata dia.

Kampanye HIV dan AIDS roadshow Mall to Mall sendiri, digelar di FX  Mall  Sudirman Lantai 3. Lalu di Tamini Square dari 17 sampai 18 November, berlanjut di  Blok M Plaza dari tanggal 21 sampai 22 November. Di Atrium Plaza Senen 24-25 November, Grand Indonesia 26-30 November 2012. (Gus/mvw)

Sumber : skalanews.com