Search
Close this search box.

Anders Lindegaard : Facebook
Anders Lindegaard : Facebook

Ourvoice.or.id. Kiper Manchester United Anders Lindegaard mengajak para pesepak bola gay untuk tak lagi malu mengungkapkan jati diri.

Meski bukan gay, Lindegaard berpendapat bahwa para pesepak bola gay membutuhkan pengakuan dari kalangan di sekitarnya.

“Orang-orang yang gay butuh seorang pahlawan. Mereka butuh dukungan untuk berani berterus terang dan mengakui orientasi seksual mereka,” ujar Lindegaard seperti dilansir The Sun.

Di ranah sepak bola Ingris sendiri, tercatat baru seorang yang secara terbuka mengaku sebagai gay. Dia adalah mantan penyerang Norwich dan Notingham Forest Justin Fashanu pada 1990. Namun delapan tahun setelah pengakuannya itu, dia ditemukan bunuh diri pada usia 37 tahun.

Kiper asal Denmark itu mengatakan, “Homoseksualitas di sepak bola memang sebuah tabu. Suasana di lapangan dan di tribun sangat sulit. Ada stereotip klasik bahwa pria sejati harus berani, kuat, agresif dan setia.”

“Seorang suporter sepak bola pasti akan memandang negatif seorang gay.Ini akan jadi masalah bagi pemuda gay yang suka dengan sepak bola, karena itu mereka akhirnya harus berhenti menyukai olahraga ini. Diskriminasi benar-benar tidak dapat diterima, terlepas dari apakah itu ada hubungannya dengan warna kulit, agama atau seksualitas.”

“Seorang pemain gay akan takut penerimaan yang didapatnya dari fans. Kesan umum saya adalah bahwa pemain lain akan menerima pemain gay tanpa masalah besar,” katanya.

Lindegaard berpendapat sebaiknya sepak bola bisa meniru dunia fashion yang sangat terbuka dengan homoseksualitas.[yob]

Sumber : http://bola.inilah.com