Search
Close this search box.

Joe Mcelderry
Joe Mcelderry

Ourvoice.or.id. Joseph McElderry alias Joe McElderry yang lahir pada 16 Juni 1991 mulai dikenal ketika memenangkan seri keenam acara X Factor pada 2009.

Debut single “The Climb” meraih posisi #1 di chart Inggris dan Irlandia. Dia juga mendapat kemenangan yang gemilang di ajang Popstar to Operastar musim kedua pada 2011

Yang mencengangkan, ia mengumumkan pada situs resminya bahwa ia adalah gay, ia berterima kasih kepada keluarganya dan fans untuk dukungan mereka. Dan badan amal gay Stonewall telah mendapuk McElderry sebagai panutan gay.

Dia melakukan audisi X Factor pada pada 2007 dan sempat di karantina, namun karena usianya terlalu muda dia diputuskan untuk dipulangkan. Dia kembali hadir di audisi X Factor 2009.

Dimentori oleh Cheryl Cole, dia diumumumkan menang pada 13 Desember 2009, mengalahkan runner up Olly Murs. Selanjutnya dia berhak masuk dapur rekaman di bawah label Syco.

Pada 2010, dia meluncurkan single “Ambitions” dari album Wide Awake yang meng-cover lagu milik Donkeyboy asal Norwegia. Lagu tersebut berhasil mendapat posisi #6 di Inggris, dan nomor #4 di Irlandia. (tre)

Sumber :okezone.com