Search
Close this search box.

Mengenakan kerudung bukan sebuah keharusan bagi perempuan Mesir (foto :www.bbc.co.uk)
Mengenakan kerudung bukan sebuah keharusan bagi perempuan Mesir (foto :www.bbc.co.uk)

Ourvoice.or.id. Seorang guru di Mesir dijatuhi hukuman percobaan enam bulan penjara setelah memotong rambut dua murid perempuan karena tidak mengenakan kerudung.

Iman Abu Bakr Kilany -yang mengenakan niqab atau kerudung yang menutupi seluruh wajah kecuali kedua mata- didakwa karena dianggap terlalu kejam dalam menjatuhkan sanksi kepada kedua muridnya, yang berusia 12 tahun.

Dia dibawa ke pengadilan setelah departemen yang bertanggung jawab atas kesejahteraan anak meminta agar dilakukan penyelidikan atas insiden yang terjadi di Qurna, sebuah kampung di dekat kota Luxor.

Sejak insiden tersebut, Kilany dipindahtugaskan dari guru sains ke tugas administrasi dan gajinya dipotong selama sebulan. Menurutnya pemotongan rambut itu dilakukan setelah dia memberi peringatan beberapa kali kepada kedua murid untuk mengenakan jilbab.

Pengacara Kilany mengatakan hukuman percobaan enam bulan penjara itu terlalu keras dan akan mengajukan banding, seperti dilaporkan kantor berita MENA.

Bukan keharusan

Banyak perempuan Mesir yang mengenakan kerudung maupun niqab namun para ulama Islam di negara itu berpendapat bahwa keputusan diserahkan kepada masing-masing orang dan bukan sebagai keharusan.

Pandangan itu tampaknya sejalan dengan Presiden Mohamed Mursi, yang berhasil menang dalam pemilihan presiden pertengahan tahun ini dengan dukungan kelompok Islam, Ikhwanul Muslimin.

Pemerintahan pimpinannya berulang kali mengatakan tidak akan menerapkan keharusan untuk melaksanakan Syariah Islam secara ketat.

Bagaimanapun sejumlah kelompok hak asasi dan pegiat perempuan -yang mengecam insiden pemotongan rambut ini- menyebutnya sebagai salah satu contoh dari keinginan untuk menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari di Mesir.

Walau umat Islam merupakan mayoritas di Mesir, sebagian warga tampaknya lebih memilih pada sekularisme sementara sebagian kecil lainnya beragama Kristen.

Sumber : http://www.bbc.co.uk