Search
Close this search box.

ilustrasi : obornews.com
ilustrasi : obornews.com

Ourvoice.or.id. Banjir bandang menghantam pemukiman rumah warga di Desa Abeuk Usoeng , Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireun ,Aceh ,Sabtu (03/11/12) pukul 21.00 Wib.Akibatnya tujuh rumah wargarusak parah dan puluhan ekor ternak warga mati dan hilang terseret banjir.

Desa  berpenduduk  824 jiwa,224 Kepala Keluarga mengalami trauma  walaupun tidak ada korban jiwa ,bencana ini membuat masyarakat ketakutan, terutama yang tinggal sekitar
perbukitan dan pergunungan  ,apalagi terjadinya di malam hari .

Saumi pemerhati sosial Kabupaten Bireun , meminta pemerintah cepat tanggap dan memberi bantuan tahap awal kepada masyarakat yang ditimpa musibah banjir bandang .

Meskipun kondisi banjir bandang telah reda , namun warga tetap siaga jika ada banjir bandang   susulan ,karena curah hujan masih  sangat tinggi .Para korban mengungsi  ke posko sementara dan rumah sanak keluarga yang selamat dari musibah .

Tengku Zakaria Daud, Sekdes Abeuk Usoeng menjelasan rumah  korban yang mengalami
rumah rusak parah yakni Yanto , Nafiah ,Adam ,M.Nasir ,Andullah ,Rusli Karim dan Ahmad.Puluhan rumah lainnya mengalami rusak ringan dan 5 unit kios dagangan warga setempat  serta 1 unit jembatan yang menghubungkan antar desa di kecamatan tersebut rusak total.

Selain Desa Abeuk Usoeng banjir bandang ini juga menghantam Desa Gampoeng Blang Seupeng , Desa Blang Gandai dan Desa Mon Maneee.Masyarakat saat ini membutuhkan bantuan sembako dan pakaian bekas .Karena harta benda mereka hilang terbawa arus banjir bandang.  (Jaf / zoel)

Sumber : http://obornews.com