Search
Close this search box.

Puluhan Ribu Orang Desak Legalisasi Pernikahan Gay di Taiwan (photo : AFP Photo/Mandy Cheng)
Puluhan Ribu Orang Desak Legalisasi Pernikahan Gay di Taiwan (photo : AFP Photo/Mandy Cheng)

Ourvoice.or.id. Puluhan ribu orang turun ke jalan-jalan di Taipei, Taiwan hari ini untuk menggelar aksi mendukung pernikahan gay. Mereka mendesak legalisasi pernikahan sesama jenis di Taiwan.

Aksi ini digelar bertepatan dengan event tahunan parade Gay Pride yang telah menginjak tahun ke-10.

“Tema tahun ini adalah berjuang untuk kesamaan hak dalam pernikahan. Orang-orang gay juga warga negara pembayar pajak dan kami menuntut hak dasar yang sama seperti pasangan heteroseksual,” cetus Mu Chuan, salah seorang penggerak demo seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (27/10/2012).

Dalam parade gay ini, para peserta mengenakan kostum beraneka warna dan topi-topi besar berbulu. Warga juga membawa spanduk-spanduk bertuliskan “pernikahan” dan “kesamaan hak”.

“Meskipun pernikahan merupakan pilihan yang sangat pribadi, saya pikir orang-orang gay tak seharusnya kehilangan hak untuk menikah,” kata Mi Feng, yang ikut dalam parade gay tersebut.

“Saya cuma ingin menyampaikan pada dunia bahwa kami punya hak untuk mencintai sama seperti yang lainnya,” tutur Kongpaphop Panya, seorang dokter berumur 30 tahun yang datang dari Thailand bersama tiga temannya.

Para panitia parade memperkirakan sekitar 50 ribu orang dari berbagai negara, termasuk Eropa akan datang menghadiri parade gay tahunan tersebut.

Kelompok-kelompok HAM Taiwan telah memulai kampanye untuk mengumpulkan satu juta tanda tangan guna mendukung RUU mengenai pernikahan gay yang mereka susun, yang akan diajukan ke parlemen tahun depan. Upaya ini dilakukan setelah belum lama ini, Presiden AS Barack Obama terang-terangan menyatakan dukungan untuk pernikahan gay.(ita/ita)

Sumber : detik.com