Search
Close this search box.

Nichi Vendola (it.electionsmeter.com)
Nichi Vendola (it.electionsmeter.com)

Ourvoice.or.id. untuk pertama kalinya dalam sejarah Italia, seorang politisi gay, Nichi vendola, telah mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri sebagai perdana menteri  Italia pada pemilihan umum 2013.

Kilas Vendola

Nichi vendola 53tahun Lahir di Terlizzi, provinsi Bari (puglia) pada 26 agustus 1958. Ia  adalah seorang politisi sayap kiri Italia, dan juga seorang aktivis yang memperjuangkan hak-hak lesbian, gay, biseksual dan tranjender (lgbt)

Sejak usia 14tahun, Vendola telah menjadi anggota Federasi pemuda komunis Italia. setelah menyelesaikan pendidikan disekolah menengah,  ia kemudian melanjutkan pendidikan kesebuah universitas sastra. dalam meraih gelar doktornya ia membuat sebuah disertasi (sebuah penelitian ilmiah berupa karya tulis orisinil yang berupa argumentasi  fakta-fakta). tentang penyair kontroversial dan sutradara film Pier paolo pasolini.

Vendola kemudian menjadi wartawan l’Unita, dan aktif disebuah organisasi gay terkemuka di Italia Arcigay. Sebagai seorang jurnalis dan juga sebagai penyair karya-karya  puisinya telah dikumpulkan dalam sebuah buku, berjudul  L’ultimo mare (“Laut terakhir”). Sosoknya telah mengilhami sebuah film biografi, Nichi.

Pada tahun 1992-1995, Vendola menjabat sebagai anggota komisi Antimafia. dan ditahun yang sama yaitu pada 2005, Vendola mencalonkan diri dalam primary election(sebuah pemilihan umum untuk memilih dan mencalonkan diri disebuah jabatan publik) namun mendapatkan banyak kritikan dari kalangan moderat. karena Vendola adalah seorang komunis dan juga homoseksual.

(sumber : unazanzaraallaeroporto)
(sumber : unazanzaraallaeroporto)

Ditahun 2008 tepatnya dibulan juli, Vendola  mencalonkan diri untuk menduduki jabatan ketua partai komunis refoundation, namun ternyata kemenangan belum berpihak padanya, dan setelah itu pendukung Vendola meninggalkan semua posisi  eksekutif partai.

Tepat pada 24 Januari 2009, Vendola keluar dari refoundation komunis dan mendirikan partai baru beraliran kiri. Dan kemudian pada bulan Desember 2009, Vendola menjadi pendiri  Ecology Freedom dan didaulat menjadi ketua.

Jatuh bangun Vendola dalam merebut ruang publik akhirnya berbuah kemenangan. pada tahun 2010 tepatnya dibulan juli, Vendola menang dalam  primary election dengan 67% suara, sedangkan rivalnya hanya 33%.

Dalam sebuah kongres umum yang diberinama  “Factories of Nichi”, tahun 2010. Vendola mengumumkan pencalonannya untuk dalam pemilihan umum Italia tahun 2013.

Dukungan mengalir deras kepangkuan Vendola, diantaranya ; dari pemimpin Partito Democratico party, Pier luigi bersani.  secara diplomatik mengatakan “sebuah koalisi untuk mengalang kekuatan politik sangat dibutuhkan untuk negeri ini, dan kami berharap ini adalah sebuah kutub harapan yang  sangat dinantikan agar negeri ini lebih maju”.

Untuk melaju merebut tahta Mario monti (perdana menteri italia saat ini), tidaklah begitu sulit bagi Vendola, karena ia sudah mengantongi dukungan dari berbagai pihak, selain itu pesaing terkuatnya seorang pengusaha media  di Italia Silvio berlusconi, telah mengundurkan diri dari jabatanya sebagai perdana menteri  Italia pada november 2011, karena krisis hutang dan skandal sek.

Mario Monti, Perdana Menteri Italia sekarang (guardian.co.uk)
Mario Monti, Perdana Menteri Italia sekarang (guardian.co.uk)

Vendola punya hobi yang unik, ia senang mengenakan anting-anting ditelinganya, selain itu ia juga sangat mencintai dunia filsafat. hubungan intim dengan tuhan selalu ia lakukan secara teratur dengan mengunjungi gereja. memperjuangkan hak-hak minoritas khususnya hak-hak lgbt, merupakan panggilan jiwanya.

Namun ada satu hal yang ia tidak suka yaitu ; tentang pengaturan kehidupan sehari-hari berdasarkan agama. karena bagi dia, agama adalah urusan spiritulitas antara manusia dan pencipta, bukan  mengatur segala sendi kehidupan manusia.

Penulis : Yatna pelangi/gaystarnews/