Search
Close this search box.

BANGKOK – Yonlanda Suanyot lahir sebagai seorang pria, namun saat tumbuh dewasa, dirinya pun berubah menjadi seorang perempuan. Kini ada satu tujuan yang diincar oleh sosok yang biasa dipanggil Nok ini, mencalonkan diri sebagai gubernur di Thailand.

Bila Nok mampu memenangkan pemilu di negara yang dikenal konservatif itu, dirinya bisa dianggap sebagi waria yang memiliki jabatan politik tertinggi di Negeri Gajah Putih. Rencananya, Nok akan mencalonkan diri di Provinsi Nan.
Hingga saat ini belum pernah ada transgender di Thailand yang biasa disebut kathoeys, dipilih sebagai gubernur. Jabatan tertinggi yang diperoleh seorang kathoeys, baru pada level kepala wilayah distrik. Demikian diberitakan Global Post, Kamis (26/4/2012).
Thailand memang menerima kathoeys secara luas untuk terlibat langsung di masyarakat. Tetapi di luar industri hiburan, kathoeys pada umumnya sulit untuk mendapatkan dukungan luas pada posisi politik.
Transgender Thailand ini juga kerap merasa tidak pernah dianggap serius. Mereka terus menjadi sumber lelucon di berbagai acara televisi.
Bagi Nok, upayanya untuk meraih perhatian rakyat, melalui interaksi langsung dengan warga. Dirinya pun berkampanye akan mengatasi banjir dan memberikan layanan tepat bagi pemuda serta para lansia. Dia membuka saluran telepon untuk mendengarkan keluhan warga secara langsung selama 24 jam.
Bila Nok terpilih sebagai gubernur, belum tentu bisa merubah penerimaan warga terhadap kathoeys. Namun mereka tentunya ingin tahu, apakah kandidat transgender mampu berbuat lebih dari kandidat lainnya.(faj)
sumber : http://international.okezone.com